'cookieChoices = {};' Jenis Obat Anti Nyamuk - Free About Sanitarian and Public Health Community

Pencarian Sanitarian Topic

Custom Search

Jenis Obat Anti Nyamuk

Written By munif on Thursday, December 12, 2013 | 4:28 PM

Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Obat Anti Nyamuk Aerosol, Bakar dan Elektrik

Penggunaan insektisida rumah tangga yang bersifat terus menerus dan dilakukan di dalam ruangan (indoor) berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan karena akumulasi bahan aktif insektisida.

Beberapa jenis insektisida anti nyamuk yang umum kita ketahui, antara lain berbentuk aerosol, bakar dan elektrik. Anti nyamuk yang masuk dalam kelompok anti nyamuk elektrik meliputi anti nyamuk lempengan (mats), uap cair yang berbentuk liquid dan juga minyak, termasuk semua produk yang membutuhkan panas elektrik untuk dapat mengevaporasikan bahan aktif insektisida dari bentuk dasarnya. Anti nyamuk dalam kelompok elektrik biasanya sudah diproduksi sepasang yaitu heater dan refill-nya. Bahan aktif yang digunakan umunya adalah Pyrethroid.

Terdapat beberapa tips sederhana untuk mengurangi dampak pencemaran penggunaan anti nyamuk ini. Secara umum hal-hal yang harus diperhatikan antara lain
  1. Menjauhkan insectisida anti nyamuk ini dari jangkauan anak
  2. Tidak menyimpan insectisida anti nyamuk bersama makanan dan sayuran
  3. Selalu mencuci tangan setelah menyentuh anti nyamuk
  4. Tidak menutup pemanasnya
  5. Tidak merusak lapisan transparan dibawah aluminium foil
  6. Tidak mencuci heater dengan air
  7. Menghindari penumpukan kotoran dan debu pada pemanas
  8. Tidak membuka botol yang sudah kosong.
Anti Nyamuk Aerosol
Jenis anti nyamuk aerosol didesain untuk mampu mengeluarkan insektisida dalam bentuk droplet kecil ke udara sehingga dapat membunuh serangga terbang seperti nyamuk dan lalat.

Anti Nyamuk Bakar

Anti nyamuk bakar biasanya berbentuk pipih menyerupai spiral yang melingkar. Cara penggunaannya dengan memberikan api untuk meningkatkan temperatur dari massa anti nyamuk itu sendiri. Dengan terjadinya peningkatan suhu, menyebabkab anti nyamuk mengeluarkan asap. Asap yang dikeluarkan mengandung bahan aktif insektisida dalam bentuk gas, sehingga bila terhirup nyamuk akan menyebabkan keracunan dan mati.

Anti nyamuk lempengan (mats vaporizer)
Bahan aktif diletakkan di dalam cardboard mats yang dicelup dalam larutan (pre- solution) dan ditutup packaging material bertujuan untuk evaporasi bahan aktif. Bahan aktif diberikan formulasi tambahan pelindu ng dekomposisi, penghambat evaporasi cepat, parfu m, bahan pencelup dan larutan hidrokarbon. Anti nyamuk mats digunakan dengan heater pada suhu 1400 C - 1900 C dengan perlindungan selama lebih kurang 8 jam. Anti nyamuk ini didesain untuk ruangan dan memiliki sifat menolak dan membunuh nyamuk.

Agar diperoleh hasil optimum, beberapa pertimbangan teknis penggunaan antara lain dengan menghindarkannya dari hembusan angin dalam ruang serta dari jendela dan pintu yang terbuka lebar.

Anti nyamuk uap cair elektrik (liquid vaporizer)
Jenis anti nyamuk ini memerlukan pemanasan elektrik untuk bisa menguapkan bahan aktif dalam bentuk cair minyak. Tempat yang digunakan pada umumnya adalah berupa botol. Pemanasan yang dibutuhkan mencapai 1250 C. Botol dapat dilakukan refill sendiri oleh pemiliknya. Bahan aktif yang biasa digunakan adalah Pyrethroid. Penggunaan di ruang terbuka dan dalam kondisi angin yang kencang akan mengurangi efektifitasnya dalam mengendalikan nyamuk

Anti nyamuk membran elektrik/tissu
Jenis anti nyamuk yang berbentuk tisu merupakan bentuk terbaru insektisida rumah tangga. Bahan aktif yang digunakan dalam bentuk gel yang diletakkan dalam aluminium foil, kemudian ditutup dengan plastik untuk mengurangi evaporasi yang terlalu cepat. Bahan aktif yang dimasukkan biasanya dapat digunakan hingga 45 hari (paling efektif pada 30 menit pertama).

Refference, antara lain: WHO, 1999, Safe and Effectife Use of Household Insecticide Products, WHOPES.
 
berita unik