'cookieChoices = {};' Inspeksi Sanitasi Kolam Renang - Free About Sanitarian and Public Health Community

Pencarian Sanitarian Topic

Custom Search

Inspeksi Sanitasi Kolam Renang

Written By munif on Sunday, December 6, 2015 | 8:49 PM


Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kolam Renang dan Pemandian Umum


Dasar pelaksanaan penyehatan klam renang dan pemandian umum ini terpat pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air. Sedangkan Komponen umum inpeksi sanitasi kolam renang dan pemandian umum meliputi :
  1. Tata Bangunan
  2. Konstruksi bangunan
  3. Kelengkapan
  4. Persyaratan bangunan dan fasilitas sanitasi (seperti bak cuci kaki untuk kolam renang, dll), serta
  5. Area kolam renang dan kolam pemandian umum.
Beberapa persyaratan sanitasi kolam renang berdasarkan aspek bangunan, antara lain  :
  • Dinding kolam renang harus rata dan vertikal, bila diperlukan fasilitas injakan, pegangan dan tangga, tidak diperbolehkan adanya penonjolan.
  • Dilengkapi dengan saluran peluap di kedua belah sisinya.
  • Tangga kolam renang harus vertikal dan terbuat dari bahan berbentuk bulat dan tahan karat.
  • Lantai di tepi kolam renang yang kedap air memiliki lebar minimal  1 meter, tidak licin dan permukaannya miring ke luar kolam.
  • Harus ada tanda-tanda yang jelas untuk menunjukkan kedalaman kolam renang dan tanda pemisah untuk orang yang dapat berenang dan tidak dapat berenang.
  • Apabila dilengkapi dengan papan loncat, papan luncur, harus sesuai dengan ketentuan teknis untuk dapat mencegah terjadinya kecelakaan.
Sedangkan menyangkut standar sanitasi Bak Cuci Kaki Untuk Kolam Renang, antara lain disebutkan bahwa harus tersedia dengan ukuran minimal panjang 1.5 meter lebar 1.5 meter dlam 20 cm dan harus terisi air yang penuh. Standar kadar sisa chlor pada air bak cuci kaki adalah 2 ppm.

Checklist Inspeksi Sanitasi Kolam Renang dan Pemandian Umum secara lengkap Dapat DI DOWNLOAD DISINI

19 comments:

Anonymous said...

kok gak bisa di unduh ya pak?

Anonymous said...

saya mahasiswa kesling poltekkes surabaya...padahal besar harapan saya bisa mengunduh file tentang form inspeksi sanitasi tempat tempat umum ini...tapi kok tdk bsa ya...atau saya mohon untuk dikirim ke email saya ke nymph.nana@yahoo.co.id
mohon bantuan nya.

munif said...

Mohon maaf link downloadnya broken link, sudah saya kirim via email, trims ..

Anonymous said...

saya mahasiswa poltekkes jakarta 2. link downloadnya tdk bisa.
maaf boleh kirim via email ke vzal_byu@yahoo.com ?
terima kasih
kalo ada boleh minta permenkes no. 061 tahun 1991 ttg persyaratan kolam renang & pemandian umum, saya sudah googling tapi belum ketemu. terima kasih

AISYA FISH said...

Saya juga pengin dong,...mohon email ke: tuing_skbm@yahoo.com ...makasih banyak ya...

Anonymous said...

saya mahasiswa kesling, saya perlu lembar checklist mengenai inspeksi sanitasi kolam renang dan permenkes no 061 tahun 1991 ttg persyaratan kolam renang. Maaf boleh kirim email ke nur_seventh@yahoo.com. makasih.

Puskesmas Prambon said...

saya sanitarian di puskesmas link downloadnya tidak bisa, saya perlu chelist inspeksi sanitasi kolam renang, pasar, inspeksidepo air isi ulang am ponpes. maaf boleh kirim email ke poeji_seri@yahoo.co.id. maaf dan makasih sebelumnya

ka_est_mutz said...

saya mahasiswa kesling,saya butuh permenkes 061 tahun 1991 kalo ada kirimin lewat email ka_est_mutz31@yahoo.com mksih

Anonymous said...

Salam kenal...
Saya pengelola TTU,TPM,TPP dinkes kab Tanah Bumbu,Kal-Sel... Saya sangat memerlukan sofware yang Bp punya, untuk bahan petugak kami turun ke lapangan. Saya sangat mengharapkan Bp bersedia mengirimkannya ke email saya (apunk_akl@yahoo.co.id)
sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Unknown said...

Saya mahasiswa poltekkes bengkulu jurusan kesling.
mohon filenya dikirim ke email saya: arie_ahi@yahoo.com

munif said...

Link download sudah kami perbarui di http://inspeksisanitasi.blogspot.com/2012/09/inspeksi-sanitasi-kolam-renang-dan-dam.html - mohon maaf atas eror ini, terima kasih.

Anonymous said...

saya mahasiswi arsitektur, saat ini sedang melaksanakan tugas akhir dengan desain 'pusat kebugaran ibu hamil' sehingga membutuhkan peraturan mengenai kolam renang bagi ibu hamil. saya sudah googling permenkes 61/1991 tapi tidak ketemu. kalau boleh tolong email ke verianiasri@yahoo.com
atas perhatiannya terima kasih.

Unknown said...

saya mahasiswa kesling poltekkes surabaya..saya butuh permenkes no 061 tahun 1991 ttg persyaratan kolam renang dan pemandian umum. sudah saya cari tapi belum ketemu2..Maaf boleh kirim email ke kriz.tina@ymail.com. makasih.saya tunggu yaa..

munif said...

mohon maaf mb kris, saya tidak punya soft copy permenkes dimaksud ..

Anonymous said...

Saya mahasiswa kesehatan masyarakat unnes peminatan kesling,.mohon bantuan saudara untuk bisa membantu sya memperoleh permenkes no.061 th 1991, ini email saya novan.ezma@yahoo.com
Trimaksih sebelumnya

Anonymous said...

Saya mahasiswa kesehatan masyarakat unnes peminatan kesling,.mohon bantuan saudara untuk bisa membantu sya memperoleh permenkes no.061 th 1991, ini email saya novan.ezma@yahoo.com
Trimaksih sebelumnya

Anonymous said...

Assalamualaikum wr wb..
saya Mahasiswa Kesehatan Masyarakat..saya membutuhkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 061/Menkes/Per/I/1991 tentang Persyaratan Kesehatan Kolam Renang dan Pemandian, saya sudah mencari-cari sebelumnya, tapi sulit dan belum ketemu..
saya memohon bantuan saudara untuk membantu saya memperoleh permenkes tersebut, saudara bisa mengirim email saya wiwin_maulidah95@yahoo.com
saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya..dan saya memohon maaf karena sudah merepotkan saudara..
terimakasih

Anonymous said...

Assalamua'laikum saya Mahasiswa Analis Kesehatan poltekkes Kaltim, mohon bantuannya untuk bisa mengirimkan Permenkes NO.061/Menkes/Per/I/1991 tentang pesyaratan kesehatan kolam rennag dan pemandian umum, dalam rangka penyusunan Tugas Akhir.. mohon dikirimkan ke email saya nikk.mitha@yahoo.com
smoga kebaikan anda dibalas oleh Allah SWT..

Unknown said...

halo selamat malam saudaraku, saya dari poltekkes kupang, cukup sulit untuk memperoleh permenkes ttg persyaratan kes. kolam renang ini, bolehkah saya mendapatkan copyan nya?? terimakasih tlg kirimkan ke email saya rintoly@gmail.com

 
berita unik