'cookieChoices = {};' Syarat Fisik Sumur Sesuai Standard Kesehatan - Free About Sanitarian and Public Health Community

Pencarian Sanitarian Topic

Custom Search

Syarat Fisik Sumur Sesuai Standard Kesehatan

Written By munif on Sunday, January 15, 2012 | 5:08 AM


Syarat Fisik sumur Gali Berdasarkan Standard Kesehatan

Proses perembesan bahan pencemar kedalam sumur gali, seperti pencemaran oleh tinja (bakteri coliform), antara lain ditentukan oleh struktur fisik bangunan saran sumur gali. Syarat kesehatan pada sarana air bersih khususnya sumur menurut Departemen Kesehatan RI (1995) harus diberi beberapa komponen untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada air sumur. Adapun fungsi dari beberapa komponen sumur gali adalah sebagai berikut (Depkes, RI, 1998):
a. Bibir sumur gali berfungsi sebagai pelindung keselamatan bagi pemakai dan untuk mencegah masuknya limpahan air/pencemaran ke dalam sumur.
b.    Dinding sumur berfungsi mencegah merembesnya pencemar yang berasal dari permukaan tanah maupun dari samping, juga sebagai penahan tanah supaya tidak terkikis atau longsor.
c.    Lantai sumur berfungsi untuk mencegah merembesnya air buangan ke dalam sumur dan sebagai tempat untuk melakukan aktifitas di sumur.
d.   Saluran pembuangan air limbah berfungsi untuk menyalurkan air limbah ke tempat pembuangan yang jauh dari sumur.

Kritera sumur yang memenuhi syarat kesehatan ialah :
  1. Dinding sumur minimal sedalam 3 m dari permukaan lantai/tanah, dibuat dari tembok yang tidak tembus air/bahan kedap air dan kuat( tidak mudah retak/longsor) untuk mencegah perembesan air yang telah tercemar ke dalam sumur. Ke dalaman 3 m diambil karena bakteri pada umunya tidak dapat hidup lagi.
  2. Kira-kira 1,5 m berikut ke bawah, dinding dibuat dari tembok yang tidak disemen, tujuannya untuk mencegah runtuhnya tanah.
  3. Diberi dinding tembok (bibir sumur), tinggi bibir sumur ± 1 meter dari lantai, terbuat dari bahan yang kuat dan kedap air untuk mencegah agar air sekitarnya tidak masuk ke dalam sumur, serta juga untuk keselamatan pemakai.
  4. Lantai sumur disemen/harus kedap air, mempunyai lebar di sekeliling sumur ± l,5 m dari tepi bibir sumur, agar air permukaan tidak masuk. Lantai sumur tidak retak/bocor, mudah dibersihkan, dan tidak tergenang air, kemiringan 1-5% ke arah saluran pembuanagan air limbah agar air bekas dapat dengan mudah mengalir ke saluran air limbah.
  5. Sebaiknya sumur diberi penutup/atap agar air hujan dan kotoran lainnya tidak dapat masuk ke dalam sumur, dan ember yang dipakai jangan diletakkan di bawah/lantai tetapi digantung.
  6.  Adanya sarana pembuangan air limbah. Sarana pembuangan air limbah harus kedap air, minimal 2% ke arah pengolahan air buangan/peresapan.
  7. Sebaiknya air sumur diambil dengan pompa.

Article source Azwar (1996).

4 comments:

Gunawan said...

mau nanya gan , kalo dinding sumur cuma 2m kira" bisa engga ya ?
soal nya ane mau buat sumur tapi bingung ukuran nya

munif said...
This comment has been removed by the author.
munif said...

Standarnya 3m pak terkait perhitungan teknis daya resap bahan pencemar (biologis), walaupun detail perhitungan juga akan terkait dengan porositas tanah, jenis bahan pencemar dan lainnya.

Efan said...

mau konsul.., krn ketidak tahuan kami...sumur yang dibuat ternyata hanya selisih 1 meter dari septictank/resapan yang sdah tdk berfungsi selama 5 tahunan...apakah akan ada pengaruh buruk ke sumur baru kami

 
berita unik