'cookieChoices = {};' Inspeksi Sanitasi Pusat Perbelanjaan - Free About Sanitarian and Public Health Community

Pencarian Sanitarian Topic

Custom Search

Inspeksi Sanitasi Pusat Perbelanjaan

Written By munif on Sunday, February 15, 2009 | 1:35 PM


Standar Kesehatan Pusat Perbelanjaan

Yang dimaksud dengan Pusat Perbelanjaan adalah suatu tempat dimana orang banyak/umum datang untuk berbelanja, dimana beberapa bentuk kegiatan pasar dikelola satu badan, seperti Departemen Store, Supermarket. Dasar pelaksanaan Penyehatan Lingkungan Pusat Perbelanjaan adalah Kep. Menkes 288/Menkes/SK/III/2003 tentang Pedoman Penyehatan Sarana dan Bangunan Umum


Plaza/Dept Store merupakan “public places” sehingga segala peraturan untuk Tempat-Tempat Umum akan berlaku. Pengertian Plaza/Dept Store merupakan suatu tempat umum dimana berkumpul banyak orang untuk belanja atau aktivitas lain.

Berbagai fasilitas pendukung suatu plaza atau Dept Store biasanya akan terdiri dari berbagai jenis fasilitas dan sarana antra lain Pasar swalayan, Restorant, Beauty salon, Barber shop, Coffe shop, Bioskop, dan lain-lain.

Pada dasarnya usaha higiene pada Dept. Store menitik beratkan pada aspek manusia dengan perhatian utama usaha untuk pencegahan penyakit. Faktor manusia ini mencakup baik pada karyawan dan pengunjung, dengan memberikan perhatian khusus pada personal hygiene maupun environment sanitation. Berbagai usaha hygiene pada dept store dilakukan pada berbagai usaha dan kegiatan. Pada karyawan dilakukan dengan usaha / kegiatan antra lain :

  • Pencegahan penyakit menular misalnya dengan melakukan kegiatan misalnya dengan usaha pemeriksaan kesehatan secara berkala atau dengan melakukan kegiatan imunisasi.
  • Pencegahan penyakit akibat kerja (occupational disease), misalnya dengan usaha Pemakaian APD (Alat Pelindung Diri), Pemberian makanan tambahan, dan lain-lain.
  • Pengawasan personal hygiene
  • Pendidikan kesh (health education), misalanya dilakukan dengan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan antar karyawan.
Komponen inspeksi sanitasi pusat perbelanjaan meliputi antara lain :
1. Persyaratan air bersih
2. Persyaratan pembuangan kotoran manusia
3. Tempat berjualan makanan.
4. Hal-hal lain


Checklist Inspeksi Sanitasi Pusat Perbelanjaan secara lengkap Dapat DIDOWNLOAD disini

0 comments:

 
berita unik