'cookieChoices = {};' Mencegah Infeksi Penyaki Kecacingan - Free About Sanitarian and Public Health Community

Pencarian Sanitarian Topic

Custom Search

Mencegah Infeksi Penyaki Kecacingan

Written By munif on Thursday, July 6, 2017 | 7:38 PM


Mencegah Infeksi Penyaki Kecacingan dengan Upaya Higiene Perorangan

Pengertian hygiene menurut Azwar (1993), merupakan usaha kesehatan masyarakat yang mempelajari hubungan kondisi lingkungan dengan kesehatan manusia, upaya mencegah timbulnya penyakit karena hubungan lingkungan kesehatan tersebut serta membuat kondisi lingkungan sedemikian rupa sehingga terjamin pemeliharaan kesehatan.

Pengertian lain disampaikian Entjang (2001), bahwa pengertian personal hygiene atau hygiene perorangan (usaha kesehatan pribadi) merupakan upaya dari seseorang untuk memelihara dan mempertinggi derajat kesehatannya sendiri. Beberapa upaya tersebut antara lain meliputi:
Teori Simpul Achmadi (2005)

1.    Memelihara kebersihan diri (mandi 2x/hari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan), pakaian, rumah dan lingkungannya (BAB pada tempatnya).
2.    Memakan makanan yang sehat dan bebas dari bibit penyakit.
3.    Cara hidup yang teratur
4.    Meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jasmani
5.    Menghindari terjadinya kontak dengan sumber penyakit.
6.    Melengkapi rumah dengan fasilitas-fasilitas yang menjamin hidup sehat seperti sumber air yang baik, kakus yang sehat.
7.    Pemeriksaan kesehatan

Menurut berbagai penelitian, upaya sanitasi dan hygiene perorangan sangat efektif untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan seperti diare, kecacingan, TBC paru, ascariasis, ISPA, diare, malaria, DBD, keracunan makanan, dan lainnya. Sebagaimana kita ketahui, penularan penyakit berbasis lingkungan dapat melalui  agen biologis, fisik, atau kimia. Sedangkan komponen lingkungan yang lazim kita kenal sebagai media transmisi antara lain meliputi Udara, Air, Pangan, Serangga/vektor , dan Manusia. Atau dengan istilah lain, berbagai faktor dapat berperan seperti water borne diseases, air borne diseases, vector borne diseases, food borne diseases

Pada penyakit dengan agen biologis, dibutuhkan peran agen hidup seperti virus, bakteri, jamur, prozoa dan cacing untuk terjadinya infeksi. Seperti terkait infeksi cacing, menurut Depkes RI (2001) usaha pencegahan penyakit infeksi cacing antara lain dapat dilakukan dengan upaya menjaga kebersihan badan, kebersihan lingkungan dengan baik, makanan dan minuman yang baik dan bersih, memakai alas kaki, membuang air besar di jamban (kakus), memelihara kebersihan diri dengan baik seperti memotong kuku dan mencuci tangan sebelum makan.

Referensi, antara lain:
Azwar, A. (1993) Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Mutiara Sumber Widya. Jakarta.; Depkes RI (2001), Pedoman Modul dan Materi Pelatihan “Dokter Kecil’; Entjang, I. (2001) Ilmu Kesehatan Masyarakat. PT Citra Aditya Bakti. Bandung.
 
berita unik